Want to say,,

Welcome to my blog

Jumat, 30 September 2011

Ilmu Alamiah Dasar

ILMU ALAMIAH DASAR

1.                  Pengertian Ilmu alamiah dasar
Ilmu alamiah sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science).
Ilmu Alamiah Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala dalam alam semesta yang terdiri dari prinsip esensial (penting) dari setiap kejadian yang terjadi dimuka bumi.

Contoh : Usaha Peternakan
Pada mulanya manusia untuk memenuhi kebutuhan makan terutama daging dilakukan dengan cara berburu. Tapi dengan adanya perkembangan zaman dan perubahan cara hidup, maka manusia tidak dapat hidup dengan cara berburu. Untuk itu manusia mulai berusaha untuk mengembangbiakkan hewan ternak untuk mencukupi kebutuhan akan daging.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan penduduk, kebutuhan daging akan semakin meningkat, Maka berkembanglah ilmu mengenai budidaya ternak untuk mendapatkan kualitas hewan yang bagus dalam waktu yang cepat, dengan cara “kawin silang”, dan pengembangan jenis makanan hewan untuk mempercepat pertumbuhan hewan.

Contoh lainnya :
Prinsip dasar alamiah yang penting terjadi pada pertumbuhan manusia. Manusia berawal dari janin yang kemudian lahir kebumi, memiliki otak yang berkemampuan tinggi, berkembangbiak, tumbuh, bergerak, berinteraksi, sampai pada akhirnya mengalami kematian.
Manusia memiliki akal dan keinginan yang sangat kuat, maka dari itu manusia dapat mengembangkan  ilmu pengetahuan dan teknologi. Rasa ingin tahu makhluk lain lebih didasarkan oleh naluri (instinct) naluri ini didasarkan pada upaya mempertahankan kelestaraian hidup dan sifatnya tetap sepanjang zaman. Manusia juga mempunyai naluri seperti tumbuhan dan hewan tetapi ia mempunyai akal budi yang terus berkembang serta rasa ingin tahu yang tidak terpuaskan. Sesuatu masalah yang telah dapat dipecahkan maka akan timbul masalah lain yang menunggu pemecahannya.
Contoh : tempat tinggal manusia purba sampai manusia modern, contoh lain seperti penyakit setelah ditemukan obat suatu  penyakit, ada penyakit lain lagi yang dicoba untuk dicari obatnya (HIV AIDS).
Panca indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu menjadi suatu pengalaman. Pengalaman yang diperoleh terakumulasi oleh karena adanya kuriositas manusia. Pengalaman merupakan salah satu terbentuknya pengetahuan, yakni kumpulan fakta-fakta. Pengalamanakan bertambah terus seiring berkembangnya manusia dan mewariskan kepada generasi-generasi berikutnya. Pertambahan pengetahuan didorong oleh pertama untuk memuaskan diri, yang bersifat non praktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas dan memahami hakekat alam dan isinya kedua, dorongan praktis yang memanfaatkan pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi. Dorongan pertama melahirkan Ilmu Pengetahuan Murni (Pure Science) sedang dorongan kedua menuju Ilmu Pengetahuan Terapan (Aplied Science). Sumber: http://www.aguschandra.com/2010/10/ilmu-alamiah-dasar/

2.      Hubungan ilmu alamiah dasar dengan akuntansi komputer

Sejarah Akuntansi (Dasar)

sumber: http://himasi.blogspot.com/2007/12/sejarah-akuntansi-dasar

Menurut para ahli ekonomi, akuntansi ada sejak manusia mengenal uang sebagai alat pembayaran yang sah. Pencatatan keluar masuknya uang, timbulnya hutang - piutang serta transaksi-transaksi lainnya dilakukan orang mula-mula di atas lempengan tanah liat, yang kemudian berkembang dengan menggunakan lontar. Naskah yang menggunakan lontar tersebut berasal dari negara Arab (Mesir). Evolusi akuntansi terjadi bersamaan dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan (DOUBLE - ENTRY) oleh pedagang-pedagang Venesia yang merupakan pedagang yang terkenal dan ulung pada abad itu. Double - Entry merupakan pencatatan seluruh transaksi kedalam dua aspek yaitu " debet dan kredit " yang orientasinya selalu dalam keadaan seimbang.

Sistem akuntasi yang berkembang dinamakan sesuai dengan nama yang mengembangkannya atau nama negaranya masing-masing. Misalnya sistem Belanda (Sistem Continental) dan Amerika serikat (Sistem Anglo Saxon). Sistem-sistem tersebut kemudian berjalan sesuai dengan perkembangannya. Pada abad sekarang ini sistem yang paling banyak digunakan yaitu sistem Anglo Saxon, hal ini disebabkan karena sistem Anglo Saxon dapat digunakan untuk mencatat berbagai macam transaksi, sedangkan sistem yang lainnya agak sukar untuk digunakan.

Teori dan praktek akuntansi semakin berkembang pada abad ke 20 sejalan dengan perkembangan teknologi. Seperti program-program akuntansi komputer yang semakin banyak beredar dipasaran pada saat ini.

PENGERTIAN AKUNTANSI

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah  dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

FUNGSI  AKUNTANSI

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang.

KESIMPULAN          :

Hubungan ilmu alamiah dasar dengan akuntansi komputer adalah suatu hubungan yang saling berkaitan satu sama lain, dimana akuntansi sebagai mekanisme kontrol terhadap aktifitas keuangan suatu perusahaan termasuk dengan usaha pengembangan atau usaha yang terkait dengan pengembangan ilmu alamiah dasar. Contohnya : Usaha perternakan, perkebunan, pertanian, pertambangan, dan lain-lain. Dimana pada usaha tersebut terdapat arus keluar masuknya uang yang butuh akan mekanisme pencatatan/akuntansi. Berawal dari mekanisme penghitungan yang tradisional sampai pada mekanisme penghitungan yang modern menggunakan komputer dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar