Want to say,,

Welcome to my blog

Minggu, 12 Mei 2013

Soft Skill


I.     Perencanaan usaha baru
a.    Pengertian perencanaan
Perencanaan usaha Berisikan tentang misi usaha,  usulan usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, kemampuan serta keterampilan pengelolanya.
Perencanaan usaha  sebagai persiapan awal, memiliki dua fungsi penting yaitu:
1.      Sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan
2.      Sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.

Unsur-unsur perencanaan
Dalam menetapkan suatu rencana harus memiliki unsur-unsur sebagai berikut:
1.      Tujuan
Harus memiliki tujuan yang jelas dan batasan eaktu dalam pencapaian tujuan tersebut.
2.      Politik
Pertanggung jawaban dalam pelaksanaan sebuah rencana.
3.      Prosedur
Kegiatan harus terorganisir dalam rangka pencapaian tujuan.
4.      Anggaran
Anggaran merupakan hal yang tak terpisah dalam pencapian tujuan dan harus dibuat serealistis mungkin.
5.      Program
Merupakan penggabungan politik, dan alternatif tujuan.

Alasan perencanaan
Dalam memulai usaha harus memiliki perencanaan yang matang dan perencanaan adalah hal yang terpenting dari semua fungsi manajemen, Karena tanpa adanya sebuah perencanaan fungsi-fungsi manajemen tersebut tidak akan berjalan lancar. Perencanaan menjadi dasar yang digunakan untuk memilih tujuan dan bagaimana tujuan tersebut dapat berjalan dan sukses.

b.    Manfaat perencanaan
-          Standar pengawasan
-          Pemilihan alternative terbaik
-          Mengarah pada tindakan yang bertujuan
-          Memungkinkan koorsinasi
-          Pendelegasian tugas

Tipe perencanaan
Ada lima dasar pengklasifikasian perencanaan:
a.       Bidang fungsional ( Produksi, Pemasaran, Keuangan, Personalia)
b.       Tingkatan organisasional
c.       Karakteristik ( rencana jangka panjang, pendek, atau menengah)
d.       Unsur-unsur  rencana
Selain tipe diatas, ada 2 perencanaan yang utama yaitu:
a.       Rencana Strategik (mengimplementasikan misi)
b.       Rencana operasional ( cara dalam mencapai rencana strategik)


II.   Penempatan SDM dalam organisasi kewirausahaan
a.    Sumber tenaga kerja
-          Sumber intern ( penataran, pemindahan, pengangkatan )
-          Sumber ekstern (Lamaran pribadi, organisasi karyawan, sekolah-sekolah, dll)
Proses seleksi
Proses seleksi dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya:
a.       Persiapan penerimaan para pelamar yang akan mengikuti seleksi
b.       Menyelengarakan berbagai macam tes
c.       Wawancara
d.       Penelitian latar belakang pelamar
e.       Evaluasi medis
f.        Penelitian pendahuluan tentang kecakapan, pengetahuan dan keterampilan pelamar
g.       Pengambilan keputusan apakah lamaran diterima atau ditolak 
h.      Membuat penawaran kerja.

b.    Latihan dan pengembangan untuk karyawan baru/lama
Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual,  dan moral karyawan sesuai kebutuhan pekerjaan atau jabatan melalui latihan dan pendidikan.
Latihan adalah suatu pendidikan jangka pendek yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisir, bagaimana karyawan non-manajerial mempelajari pengetahuan dan keterampilan teknis terbatas.

Karyawan baru pada umumnya belum memiliki keterampilan yang cukup untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, sedangkan karyawan lama  memiliki kemampuan nyata yang mulai usang dengan adanya perkembangan teknologi, sehingga perlu dikembangkan melalui pelatihan.

Latihan dan pengembangan dapat dilakukan sesuai dengan kepentingan atau kebutuhan suatu organisasi atau karyawannya agar dapat bekerja maupun bersikap dengan baik.

Tujuan dari pelatihan dan pengembangan, sebagai berikut:
a.       Untuk karyawan
-       Meningkatkan moral
-       Memperbaiki kinerja
-       Peningkatan karier
-       Membantu karyawan dalam menghadapi perubahan-perubahan
b.       Untuk perusahaan
-       Penghematan
-       Memperkuat komitmen karyawan
-       Mengurangi tingkat kecelakaan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar